Chemistry for better life ....

Monday 10 December 2007

LBSK IV segera digulirkan

Lomba Bidang Studi Kimia digulirkan pada tanggal 12 dan 13 Desember 2007. Diperkirakan 200 orang siswa-siswi terbaik Kalimantan Barat akan berkompetisi untuk memperebutkan Piala Bergilir dari Dekan Fakultas MIPA UNTAN dan berkesempatan untuk mendaftar pada program studi kimia melalui jalur non-utul.

Penyelenggara kegiatan ini, Himpunan Mahasiswa Kimia F MIPA UNTAN, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ilmu kimia kepada masyarakat terutama siswa SMU. Dalam kegiatan ini, ilmu kimia yang dianggap sulit, dikemas sedemikian rupa sehingga tampak lebih fun dan menarik.

Ada serangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam LBSK tahun ini. Pertama, kegiatan lomba itu sendiri yang meliputi ujian tulis, cepat tepat kimia, Chemistry in English dan pesona kimia. Pada pesona kimia, para peserta tidak hanya berkutat dengan soal-soal saja tetapi juga melihat secara langsung fenomena-fenomena kimia yang terjadi sehari-hari. Tidak hanya itu saja, para peserta juga memperoleh pelatihan metode pembelajaran kimia yang lebih efektif.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadaka oleh HIMKI. Tahun ini adalah tahun keempat penyelenggaraannya. Pada tahun pertama, kegiatan ini hanya dilaksanakan pada ruang lingkup kota Pontianak saja. Namun mengingat animo siswa yang terus meningkat serta dukungan dari Dinas Pendidikan Nasional yang cukup besar, maka mulai tahun lalu LBSK meluas meliputi seluruh provinsi Kalimantan Barat.

Diharapkan setelah kegiatan ini dapat mengubah pandangan sempit siswa yang yang menyatakan kimia adalah ilmu yang membosankan dan sulit menjadi ilmu yang menarik dan menyenangkan. Selain itu juga diharapkan terbangunnya iklim kompetisi di kalangan siswa SMU yang hingga kini masih dirasakan kurang.



No comments:

Kampoenk lain