Chemistry for better life ....

Tuesday 23 December 2008

HIMKI Sukses Gelar LBSK V

HIMKI sukses menyelenggarakan Lomba Bidang Studi Kimia V. Gelaran tahun ini dinilai yang terbesar.

Panitia LBSK patut berbangga, sebab jumlah pesertra yang mengikuti event tahunan ini mencapai 205 orang. Jumlah ini melewati perolehan peserta dua tahun sebelumnya yang mencapai 197 orang. Selain jumlah yang besar, peserta LBSK tahun ini tersebar dari delapan kabupaten dan kotamadya yang ada di Kalimantan Barat.

Acara ini berlangsung selama 2 hari di auditorium UNTAN. Lomba dibuka pada tanggal 24 November 2008 secara bersama-sama oleh perwakilan rektorat, fakultas, jurusan kimia dan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat. Prosesi upacara pembukaannya cukup unik karena disajikan berdasarkan salah satu prinsip dasar dalam kimia.

Selain itu, tema yang diusung juga terbilang unik. Kesehatan dan Lingkungan menjadi jargon panitia. Untuk mendukung tema tersebut, panitia menyulap auditorium UNTAN menjadi suasana hutan bambu. Kesan alami tersebut juga didukung oleh beberapa isi acara yang memberikan pesan untuk menjaga lingkungan.

Peserta berkompetisidalam 4 tahap lomba. Tahap pertama berupa seleksi tertulis berlangsung setelah acara pembukaan selesai dilaksanakan. Sedangkan tahap cepat tepat, Chemistry in English dan Pesona Kimia mengisi acara keesokan harinya.

Setelah berkompetisi selama 2 hari tersebut, akhirnya diperoleh 3 orang terbaik sebagai juara. Juara pertama berasal dari SMA Gembala Baik dan memperoleh tabungan sebesar Rp. 1.000.000,- dari Bank Kalbar. Juara kedua dan ketiga diraih oleh SMA Imanuel. Juara kedua dan ketiga tersebut diapresiasi dengan tabungan sebesar Rp. 750.000,- dan Rp.500.000,-. Sementara itu, 10 peserta terbaik berhak masuk ke Jurusan Kimia UNTAN tanpa tes.

LBSK, semenjak pertama kali diselenggarakan oleh HIMKI 5 tahun yang lalu,bertujuan untuk memeperkenalkan kimia kepada siswa SMA. HIMKI berusaha mengubah image kimia sebagai mata pelajaran sulit dan membosankan. Lebih dari itu, kimia dapat sangat menyenangkan dan imajinatif. Walaupun acaranya bersifat santai, namun siswa pesertanya tetap dipacu dalam rangkaian lomba yang konstruktif dan kompetitif.

LKTI

Sebagai rangkaian dari LBSK, HIMKI juga menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA se-Kota Pontianak. Kegiatan ini adalah yang pertama dilaksanakan oleh HIMKI. Lomba ini diikuti 8 sekolah di Kota Pontianak. Pada tahap pertama 11 kelompok diseleksi hingga diperoleh 5 terbaik untuk mempresentasikan karya tulisnya di gedung Aula F MIPA UNTAN pada 22 November 2008. Sebagai juara pertama direbut oleh SMA N 1 Pontianak. Posisi kedua dan ketiga ditempati SMA N 3 Pontianak dan MAN 1 Pontianak.



No comments:

Kampoenk lain